Inovasi Mahasiswa PSM Unesa pada pelajaran matematika dengan Presentasi Pembuktian Teorema Pythagoras

Presentasi Pembuktian Teorema Pythagoras yang dilakukan oleh kelas 8A SMP Negeri 51 Surabaya. Siswa pada minggu sebelumnya bekerja secara kelompok untuk mengumpulkan informasi apa saja mengenai Teorema Pythagoras. Pengumpulan informasi melalui google, youtube dan sebagainya. Siswa setiap kelompok akan mencatat apa saja yang telah didapatkan setelah mencari informasi pada internet yang akan di salin pada kertas karton dan dihias. Setelah semua hal selesai dipersiapkan, siswa bersiap-siap untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas mengenai pembuktian kebenaran Teorema Pythagoras. Waktu presentasi hanya dibatasi selama 3 menit untuk dijelaskan secara detail dan jelas.
Tujuan dari presentasi pembuktian Teorema Pythagoras yang dilakukan oleh siswa kelas 8A SMP Negeri 51 Surabaya:
Memahami Konsep Teorema Pythagoras: Siswa dapat menjelaskan dan memahami konsep dasar Teorema Pythagoras, yaitu hubungan antara panjang sisi-sisi segitiga siku-siku.
Pembuktian Teorema: Siswa dapat melakukan dan menjelaskan berbagai cara pembuktian Teorema Pythagoras, baik secara geometris maupun aljabar, sehingga memperkuat pemahaman mereka tentang teorema ini.
Keterampilan Berkomunikasi: Siswa dapat melatih keterampilan berbicara di depan umum dengan cara mempresentasikan hasil kerja kelompok secara jelas dan terstruktur dalam waktu yang terbatas.
Kerja Sama Tim: Siswa dapat menunjukkan kemampuan kerja sama dalam kelompok, belajar untuk mendengarkan pendapat teman, dan berkontribusi dalam mempersiapkan materi presentasi.
Penggunaan Sumber Belajar: Siswa dapat memanfaatkan berbagai sumber informasi secara efektif (seperti internet, video, dan buku) untuk mengumpulkan data dan menyusun presentasi.
Kreativitas dan Estetika: Siswa dapat menunjukkan kreativitas dalam menghias kertas karton yang digunakan untuk presentasi, sehingga hasilnya menarik secara visual dan mendukung penyampaian informasi.
Kritis dan Analitis: Siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan menganalisis informasi yang diperoleh dan menyajikannya dalam bentuk yang mudah dipahami oleh teman-teman mereka.
Meningkatkan Motivasi Belajar: Siswa dapat merasakan motivasi dan antusiasme dalam belajar matematika melalui kegiatan praktis dan kolaboratif.
Dengan tujuan-tujuan tersebut, diharapkan presentasi ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang Teorema Pythagoras, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan akademis yang penting untuk pendidikan mereka di masa depan.
Share It On: