University of Northern Philippines Laboratory School

Dari Indah Nirmala H, mahasiswi Universitas Negeri Surabaya.
Profil Sekolah :
Program Taman Kanak-kanak di Sekolah Laboratorium Universitas Filipina Utara berfungsi sebagai landasan pendidikan awal bagi pelajar muda di Kota Vigan. Program ini dirancang untuk memberi anak-anak awal yang kuat dalam perjalanan akademik mereka, mendorong perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan fisik mereka. Kurikulum mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Filipina, memastikan bahwa siswa menerima pendidikan menyeluruh yang mempersiapkan mereka untuk sekolah dasar. Kelas Taman Kanak-kanak diajarkan oleh pendidik yang sangat terlatih yang menggunakan berbagai strategi pengajaran untuk melibatkan anak-anak dalam pembelajaran melalui bermain, eksplorasi, dan kegiatan langsung. Program ini menekankan pengembangan keterampilan penting seperti literasi, berhitung, keterampilan motorik, dan interaksi sosial. Melalui kegiatan tersebut, anak-anak didorong untuk mengembangkan kreativitas, berpikir kritis, dan kemampuan pemecahan masalah. Di Sekolah Laboratorium UNP, program TK tidak hanya berfokus pada pembelajaran akademik tetapi juga pada pembentukan nilai, kerja tim, dan pertumbuhan emosional. Fasilitas sekolah dirancang untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mengasuh di mana pelajar muda dapat berkembang dan mengembangkan potensi mereka, mempersiapkan mereka untuk tahap pendidikan selanjutnya.
Sistem Pendukung Akademik :
Selama observasi saya di Sekolah Laboratorium, Sekolah Tinggi Pendidikan Keguruan, saya memiliki kesempatan untuk mengamati kelas Taman Kanak-kanak 1 dan 2 pada kesempatan terpisah. Kelas TK 2 terdiri dari 25 siswa, sedangkan kelas TK 1 terdiri dari 17 siswa. Pengamatan ini berlangsung selama dua hari selama sesi belajar mengajar aktif. Meskipun ruang kelas resmi saat ini sedang direnovasi karena gempa bumi hebat yang melanda Filipina pada tahun 2022, sekolah menyediakan fasilitas pendukung pendidikan yang memadai. Ruang kelas sementara tempat kegiatan pembelajaran berlangsung dilengkapi dengan baik untuk menunjang pengalaman belajar. Setiap kamar dilengkapi dengan TV, papan tulis, 10 meja siswa di taman kanak-kanak 2, banyak kursi, tiga kipas angin, sistem alarm kebakaran, speaker, dan dekorasi ramah anak yang semarak yang meningkatkan suasana belajar.
Sistem Pengajaran :
Pendekatan yang berpusat pada siswa yang menekankan keterlibatan siswa secara aktif adalah dasar dari proses pembelajaran di Sekolah Laboratorium UNP. Pendidik memainkan peran penting dalam memfasilitasi perjalanan pendidikan ini dengan memastikan bahwa kebutuhan, minat, dan gaya belajar setiap siswa ditangani secara efektif. Pendekatan ini mendorong siswa untuk mengembangkan kemandirian dan otonomi dengan menumbuhkan lingkungan yang mendorong partisipasi aktif, pemikiran kritis, dan pengambilan keputusan yang tepat. Komponen kurikulum meliputi kegiatan kooperatif, rencana pembelajaran yang dipersonalisasi, dan pengalaman kehidupan nyata, yang semuanya memainkan peran penting untuk mengembangkan orang-orang yang adaptif dan mandiri yang akan siap untuk mengatasi tantangan kehidupan nyata. Untuk TK 2, sekolah menggunakan Kurikulum Matatag, yang selaras dengan tujuan pendidikan tersebut.
Kurikulum :
Kurikulum MATATAG yang dilaksanakan oleh Sekolah Laboratorium UNP merupakan kerangka pendidikan yang dikembangkan oleh Departemen Pendidikan Filipina untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan dasar. Istilah MATATAG, yang berarti "tangguh" atau "kuat" dalam bahasa Filipina, mencerminkan tujuan kurikulum untuk memberikan siswa dengan landasan pendidikan yang kuat. Kurikulum bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi sejak usia dini, memperkuat pendidikan karakter, dan memberikan pendekatan pembelajaran abad ke-21. Ini menekankan pengembangan keterampilan kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikasi. Kurikulum menggunakan metodologi pembelajaran aktif yang melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran untuk memastikan bahwa mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan dasar, tetapi juga dapat menerapkannya dalam situasi kehidupan nyata. Di Sekolah Laboratorium UNP, Kurikulum MATATAG secara khusus digunakan dalam program TK 2 untuk memastikan bahwa siswa membangun fondasi yang kuat dalam literasi, numerasi, dan pembentukan nilai. Kurikulum juga mendukung pengembangan keterampilan sosial dan emosional siswa, membekali mereka dengan kemampuan berpikir mandiri, berkolaborasi secara efektif, dan beradaptasi dengan berbagai tantangan di masa depan.
Share It On: